50 Tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau sedang menyusun program terbaru untuk menyongsong 50 tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Persembahan nyata Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau saat ini dinantikan oleh bangsa Indonesia di ulang tahun emasnya. diklat bahari mahasiswa More »

Pimpinan Fakultas

Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan, Universitas Riau Periode 2014 – 2018 dipimpin seorang Dekan dan 3 Wakil Dekan. More »

ISFM 2015

The Third International and National Seminar of Fisheries and Marine (ISFM) merupakan seminar internasional di bidang ilmu-ilmu yang terkait perikanan dan kelautan. More »

Pringkat Ekspor Ikan Hias

Indonesia menjadi negara dengan urutan ke empat di dunia untuk ekspor terbesar berbagai macam ikan hias. Urutan pertama Singapura, kedua Spanyol, dan ketiga Jepang. More »

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. More »

 

KURIKULUM

3.4. Deskripsi Mata Kuliah Kompetensi Umum dan Utama

 

UXN 111 Pengantar Ilmu Perikanan                                                          2(2-0)

Memahami system ekologi, social, ekonomi, budidaya yang berkaitan dengan wilayah perairan.

 

UXN 112 Pendidikan Kewarganegaraan                                                   2(2-0)

Membahas nilai-nilai dasar Pancasila serta kesadaran berbangsa, bernegara, dalam menerapkan ilmunya secara bertanggung jawab terhadap kemanusiaan dengan kemampuan berfikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusi intelektual yang memiliki sikap bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninya, mengenali masalah hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya, mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ipteks, memaknai peristiwa sejarah dan nila-nilai budaya bangsa guna menggalan persatuan Indonesia.

 

UXN113 Bahasa Indonesia                                                                          2(2-0)

Pemahaman dan penguasaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam penulisan karya ilmiah baik bahasa lisan maupun tulisan.

 

 

UXN 114 Pendidikan Agama                                                                      2(2-0)

Membahas tentang kepribadian keagamaan yang beriman dan bertaqwa kearah pengembangan profesi yang berilmu dan berakhlak mulia serta  menjadikan ajaran agama sebagai landasan berfikir dan berprilaku.

 

PIO 111 Biologi Umum                                                                                  3(2-1)

Mahasiswa struktur tubuh makhluk hidup; pembelahan sel, reproduksi, klasifikasi dan nomenklatur tumbuhan dan hewan, planegamae dan cryptogameae, vetebrata, kosep ekosistem dan evolusi.

 

PIO 112 Kimia Dasar                                                                                    3(2-1)

Memberikan pengetahuan dasar tentang mata kuliah kimia yang mencakup teori dasar ilmu kimia yang meliputi kajian ilmu kimia electron dan system periodic, ikatan kimia, stokiometri larutan, asam-basa, kesetimbangan dan kecepatan reaksi kimia, kimia permukaan, kimia karbon, kimia kehidupan dan kimia lingkungan.

 

PIO 113 Matematika                                                                                     2(2-0)

Memahami system bilangan riil, vector, gugus aljabar, aljabar pernyataan, fungsi dan limit, defrensial dan integral, kegunaan defrensial dan integral, matris.

 

PIO 114 Pengantar Sosiologi Pedesaan                                                       2(2-0)

Membahas tentang pentingnya memahami masyarakat dalam bidang perikanan dan kelautan,, grand teori dalam bidang sosiologi, perspektif dalam sosiologi, interaksi social, proses social, individu dan masyarakat, sosialisasi, system dan struktur social, kelompok dan organisasi social, lembaga social, stratifikasi social, kebudayaan, masalah-masalah social, perubahan social dan kebudayaan.

 

PIO 115 Dasar-dasar Manajemen                                                               2(2-0)

Memahami perkembangan serta aliran-aliran pemikiran manajemen, tendensi pertumbuhan manajemen di Indonesia. Manajemen sebagai seni dan sebagai ilmu. Unsur-unsur, prinsip-prinsip dan fungsi manajemen.

 

PIO 122 Statistik                                                                                           3(2-1)

Mahasiswa memahami konsep dasar statistic; defenisi dan istilah parametric, observasi, sebaran, frekuensi, grafik, populasi dan sampel, ukuran parameter peluang dan kejadian, perubahan acak kontiniyu, pengukuran, satuan ukur, uji parametric, pengujian hipotesis, regresi dan korelasi.

PIO 123 Bahasa Inggris                                                                                2(2-0)

Membahas tentang articles, plural, verbs, nouns, adjective, structure, passive voice, indirect speech, degree of composition, tag question, gerund, clouse, lab, practical in listening, structure and speaking.

 

PIO 124 Fisika Dasar                                                                                    3(2-1)

Memahami konsep-konsep ilmiah fisika, besar dimensi, menganalisa suatu pengukuran fisika, skala data dan makna suatu pengukuran, galat dan hasil pengukuran vector dan ogejala dan jenis gelombang, konsep fisika modern, thermodinamika, hidrodinamika dan semi konduktor.

 

PIO125 Avetebrata Air                                                                                3(2-1)

Memahami morfologi, anatomi dan taksonomi, pergerakan dan phisiologi phylum protozoa, poripera, coelentrata,ctenofera, rotifer, plathyhelminthes, nematelanminthes, annelid, mollusca, antropoda dan echinodermata, serta peranannya dalam bidang perikanan.

PIO 127 Ikhtiologi                                                                                         3(2-1)

Memahami tentang ikan yang meliputi; struktur dasar dan morphometrik, populasi, koleksi dan indentifikasi serta posisi dan hubungannya dalam komunitas. Deskripsi umumm anatomi, system organ tubuh dan integrasinya dalam tubuh ikan dengan ekologi, geografi dan tingkah laku ikan.

 

PIO 127 Ekologi Perairan                                                                              (2-1)

Mata kuliah ini membahas mengenai proses ekologi dalam lingkungan perairan, seperti aliran energy, daur materi , factor pembatas perairan, struktur organisasi organism perairan (populasi dan komunitas), ekosistem perairan yang meliputi tawa, estuaria dan laut, perubahan dan suksesi ekosistem, serta pencemaran dan keanekaragaman hayati.

 

PIO 128 Pengantar Ekonomi Perikanan                                                    2(2-0)

Memahami pengertian dasar dan umum proses perkembangan ekonomi perikanan baik di Indonesia maupun dunia, unsure-unsur dan cirri ekonomi perikanan. Pengenalan pengetahuan dasar tentang permintaan, harga, penawaran, elastisitas, teori produksi dan biaya, struktur pasar, metode perhitungan pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi dengan memberikan contoh-contoh dalam bidang perikanan.

 

PIO 211 Rancangan Percobaan                                                                  3(2-1)

Membahas aspek yang berkaitan dengan perancangan percobaan meliputi; Defenisi dan manfaat perancangan percobaan, jenis-jenis penelitian, jenis-jenis rancangan percobaan seperti, rancangan lingkungan (RAL.RAK, Rancangan Bujur Sangkar Latin) rancangan perlakuan (Faktorial dan non- factorial), selain itu tahap-tahap dalam perancangan seperti; cara pengacakan, cara sampling, cara pengumpulan data. Selanjutnya analisis data (Normalitas, ANOVA, ANCOVA) serta uji lanjut (Regresi dan uji lanjut linnya) Dengan menggunakan program SPSS.

 

PIO 212 Biologi Perikanan                                                                           3(2-1)

Memahami tentang factor-faktor biologi perikanan, seksualitas ikan, tingkat dan indeks kematangan gonad, fekunditas, pemijahan, awal daur hidup, food dan feeding habits, umur, persaingan dan pemangsaan, pertumbuhan, populasi dan stok ikan.

 

PIO 213 Pengantar Sistem Informasi                                                          2(2-0)

Memahami system dasar computer, aplikasi Microsoft, office, jaringan komunikasi, dasar-dasar system informasi untuk administrasi dan pengolahan data.

 

PIO 214 Pengantar Oseanografi                                                                  2(2-0)

Membahas menngenai lautan yang meliputi aspek geologi, fisika, kimia dan aspek biologi. Termasuk didalamnya adalah tentang lapisan kerak bumi di dalam lautan, gelombang, arus, pasang surut, sirkulasi air lautan, sedimen, sifat-sifat air laut, suhu, sanitasi, plankton, nekton, benthos dan batas penyebarannya.

 

PIO 215 Limnologi                                                                                        3(2-1)

Memahami arti dan peranan limnology dalam perikanan, tipe perairan umum (inland). Karakter hidromorfometrik serta kaitannya dengan sifat fisika-kimia dan biologi perairan serta produktifitas perairan.

 

PIO 216 Biokimia                                                                                          3(2-1)

Mempelajari tentang: Pengaturan struktur, sifat-sifat dan fungsi biomolekul (air, karbohidrat, lipid, protein, enzim, asam nukleat). Pengenalan metabolism utama dari karbohidrat, lipid dan protein.

 

PIO 217 Dasar-dasar Budidaya Perairan                                                   2(2-0)

Membahas prinsip-prinsip dasar untuk memproduksi ikan dan hewan aquatic lainnya, antara lain; sejarah dan perkembangan budidaya perairan, pemilihan lokasi, mutu air, nutrisi, penyakit dan parasit, panen, transportasi dan pemasaran ikan budidaya perairan.

 

PIO 218 Dasar-dasar Mikrobiologi                                                             2(2-0)

Memahami sejarah perkembangan mikrobiologi, pengertian mikroba, metoda dalam perhitungan mikroorganisme, klasifikasi, mikroorganisme, keragaman prokariotik, keragaman eukariotik, virology, kimia sel, pertumbuhan microbial, metabolism microbial, genetika microbial, habitat mikroba dan interaksi dengan hewan dan tumbuhan, interaksi manusia dengan manusia.

 

PIK 221 Biologi Laut                                                                                    3(2-1)

Mata kuliah biologi laut membahas tentang organism yang hidup di wilayah pelagis dan bentik laut serta secara hidup dari masing-masing kelompok organism tersebut seperti; siklus hidup, interaksi, mekanisme adaptasi, dan distribusi dari organism laut.

 

PIO 222 Metodologi Penelitian                                                                    2(2-0)

Memahami pengertian penelitian, manfaat penelitian, etika penelitian, perumusan masalah, perumusan hipotesis, tujuan dan kegunaan, merancang metode penelitian, merumuskan hasil dan pembahasan, merumuskan kesimpulan dan saran, mengutip dan menulis pustaka, serta tehnik publikasi hasil penelitian.

 

PIO 223 Kewirausahaan Perikanan dan Kelautan                                    2(2-0)

Membahas tentang pengertian tipe, sifat dari cirri kewirausahaan, mengidentifikasi peluang usaha dan strategi menjadi wirausaha, etika bisnis, dan konsep perencanaan bisnis, skala usaha, jenis-jenis usaha, dan bentuk-bentuk usaha, fungsi manajemen dalam bisnis dan pengembangan bisnis perikanan dan kelautan.

 

PIO 224 Fisiologi Hewan Air                                                                       3(2-1)

Memahami tentang berbagai proses fisiologi hewan air seperti pernafasan, peredaran darah, pencernaan makanan, metabolism, osmoregulasi, system syaraf, hormone dan reproduksi serta mempelajari secara ringkas berbagai factor yang dapat mengganggu berlangsungnya proses fisiologis tersebut.

 

PIO 225 Dasar-Dasar Penangkapan Ikan                                                  2(2-0)

Memahami ruang lingkup kajian mata kuliah ini meliputi jenis alat dan armada penangkapan ikan dan proses penangkapannya yang terdiri dari; sejarah penangkapan ikan, tanpa menggunakan alat dan menggunakan alat tangkap yakni; jarring lingkar, pukat, trwl, pengaruk, alat angkat, alat dijatuhkan, jarring insang dan jarring puntal, perangkap, pancing, alat mengait dan melukai, alat permanen, memabukkan dan membius.

 

 

 

PIO 226 Dinamika Populasi                                                                         3(2-1)

Membahas stock, populasi secara biologis, kelimpahan, menentukan CPUE (hasil tangkapan per-unit usaha), mortalitas, pertumbuhan dan recruitment ikan pada suatu perairan.

 

PIO 227 Bahasa Inggris Jurusan                                                                 2(2-0)

Memahami istilah-istilah baku dalam bahasa inggris (terminology bahasa) setiap jurusan, teknik memahami bacaan dalam bahasa inggris perbidang ilmu disetiap jurusan perikanan, serta mampu menulis abstrak dalam bahasa inggris.

 

PIO 228 Pengantar Teknologi Hasil Perikanan                                         2(2-0)

Mempelajari tentang pengertian dan peranan teknologi pengelolaan hasil perikanan, dasar-dasar penanganan, pengawetan dan pengelolaan pangan ikan secara menyeluruh dari kandungan sifat-sifat bahan pangan ikan, factor-faktor penyebab kerusakan bahan pangan ikan, proses penurunan mutu hasil perikanan sampai ke prinsip-prinsip dasar pengawetan hasil perikanan, jenis dan metode (pengawetan/pengolahan tradisional dan modern), mekanisme pengawetan dan pengelolaan secara umum terhadap daya simpan hasil perikanan.

 

PIO 229 Widya Selam                                                                                   2(2-0)

Membahas tentang teknik dasar renang, teknik dan cara mengapung, penyelamatan, pengetahuan peralatan selam, teknik dan cara penggunaan peralatan selam, cara dan teknis penyelaman, kode dan cara-cara berkomunikasi di dalam air, jenis-jenis hewan air yang berbahaya dan cara penanganannya.

-salam bahari-↓



Leave a Reply

Your email address will not be published.