50 Tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau sedang menyusun program terbaru untuk menyongsong 50 tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Persembahan nyata Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau saat ini dinantikan oleh bangsa Indonesia di ulang tahun emasnya. diklat bahari mahasiswa More »

Pimpinan Fakultas

Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan, Universitas Riau Periode 2014 – 2018 dipimpin seorang Dekan dan 3 Wakil Dekan. More »

ISFM 2015

The Third International and National Seminar of Fisheries and Marine (ISFM) merupakan seminar internasional di bidang ilmu-ilmu yang terkait perikanan dan kelautan. More »

Pringkat Ekspor Ikan Hias

Indonesia menjadi negara dengan urutan ke empat di dunia untuk ekspor terbesar berbagai macam ikan hias. Urutan pertama Singapura, kedua Spanyol, dan ketiga Jepang. More »

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. More »

 

INFO PKM

PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

pkmawal

PASSWORD PESERTA PKM (UNDUH)

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Sejarah PKM

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

Tujuan PKM

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan
penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Jenis PKM

  1. PKM-P (PENELITIAN)
  2. PKM-K (KEWIRAUSAHAAN)
  3. PKM-M (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
  4. PKM-T (PENERAPAN TEKNOLOGI)
  5. PKM-I (PENULISAN ILMIAH)
  6. PKM-KT (KARYA TULIS)

jenis pkm

 

Konsep Dasar PKM

konsepdasar

Kriteria Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)

kriteria

Diagram Alir

diagram

Website Resmi

Direktorat Jendral Pendidikaan Tinggi

Contoh Judul PKM 

Bidang Perikanan & Ilmu Kelautan

Pedoman PKM
Tahun 2015

Side Presentasi

Part 1

Part 2

-salam bahari-↓